wanita itu adalah..

Tadinya kupikir aku akan menulis tentang diriku, pengalamanku dan internet sebagai bagian dari hidup selama sepuluh tahun terakhir ini, namun sejenak aku teringat akan wanita ini, seorang wanita berusia 64 tahun yang menghabiskan 25 tahun terakhir ini sebagai orangtua tunggal dari ketujuh anaknya, termasuk aku -the bontot one-.. yupss,, wanita ini adalah ibuku.
Ibuku dikenal sebagai wanita yang kuat dan mandiri, setelah kepergian ayah ketika aku berusia delapan bulan, ialah yang menjadi ayah sekaligus ibu bagi kami. Segala usaha halal ia lakukan demi ketujuh anaknya, dan Alhamdulillahnya sekarang kami sudah bisa hidup sendiri, mandiri sekuat ibunya untuk menaklukan dunia kami.
Namun,,seiring berjalannya waktu…
Tak jarang kami lupa akan wanita ini,ya,,, aku mengakui, kadang sebagian besar waktu kugunakan untuk bekerja, bekerja dan bekerja atau segala kegiatan yang menyibukkanku dan malah bukan menyapanya, mengunjunginya atau mengundangya ke Jakarta… huff,,, aku sedih jika mengingat hal itu..dan mungkin ini jg terjadi pada ke enam kakakku, kami sibuk dengan kehidupan kami masing-masing dan tega meninggalkan wanita tangguh ini sendirian di kampung halaman kami di Temanggung.
Namun,, satu tahun terakhir ini ada yg berubah dari ibuku…yap!dia berubah sekali! bahkan akupun kagum atau tepatnya kaget dengan perubahannya ini.
Tiba-tiba suatu hari ibuku bertanya padaku, “dek, facebookmu apa alamat emailnya?ibu mau nge add ni”
ha?? ibuku?? nanyain facebook? email???nge add???hmmm ada apa ini??apa pula yang merasuki ibuku ini??


Setahuku ibuku gemar membaca buku (especially La Tahzan) atau berkebun, namun tidak dengan hal yang berbau teknologi, apalagi internet. Ibuku tipe wanita konvensional yang masih nyaman dengan komunikasi hanya melalui telepon atau SMS aja..bahkan ia tak tahu apa itu email. Pertanyaan itu begitu membuatku..umm…penasaran!! sangat penasaran malah.
Langsung saja kutelpon ibuku dan bertanya apa yang terjadi padanya, dan ternyata beliau baru saja dibelikan HP E Series oleh kakakku, dan belajar berfacebook-ria dari kakakku juga. Tidak disangka, ternyata ibuku begitu cepat mengerti dunia facebook. Saat itu juga aku liat di fb ku ada notification 1 friend request, dan itu dari “Mbah Hawen” yang tak lain adalah ibuku.
huaaah,,, rasanya senang dan sedikit aneh dengan kecanggihan ibuku, dan aku berani tarohan paling kecanggihan ini hanya bertahan sebentar saja.. (hehehe) tapi ternyata anggapanku salah,, sampai saat ini ibuku lebih update daripada aku di facebook, dia begitu EXIS!!Ia bisa berhubungan dengan keponakan-keponakanya di Jakarta, Kalimantan, Cilegon, Bandung bahkan Kanada dan Belanda hanya dengan segenggaman tangannya saja. yupss,, HP nya menjadi suatu barang yang tak pernah lepas darinya, kecuali jika ia sholat, mengaji, berkebun atau hobby2 nya yang lain..
Seringkali kulihat statusnya yang sangat bagus, bahkan untuk seumuran ibuku, statusnya bisa dibilang OK dan kadang juga menggelitik, ibuku memang hebatt!
Dengan akses internet, khusunya facebook di genggaman tangannya, ia terasa begitu dekat dengan anak cucunya dimanapun mereka berada. Ia tak lagi kesepian jika berada dirumah, karena kami begitu dekat dengannya, sedekat tangannya sendiri.

Favoritku adalah wejangan-wejangan yang ia lontarkan melalui statusnya, itu yang membuatku dan keenam kakakku selalu menapak di bumi, selalu ingat akan hari-hari setelah kehidupan, ingat akan ridho dan berkah Nya yang harus kami cari dan bukan hanya materi dan materi saja..
Favoritku juga notes-notesnya yang selalu mengingatkan kami akan kampung halaman, masa kecil kami dan lagu lullaby yang dulu sering ia nyanyikan untuk kami bertujuh,,, aku ingat sekali akan lagu itu,, lagu berjudul “Anakku rungakna yo ngger” (Dengarlah anakku sayang-terj), lagu penghibur kami ketika hujan deras dan petir menyambar (itu yg paling aku takutkan waktu kecil-red)
Favoritku adalah ibukuuu,,,, ibuku yang sekarang lebih bersemangat dalam hidupnya, tak lagi merasa sendiri dan sepi,, ia bisa mengekspresikan pikirannya atau wejangan-wejangan bijaknya, hasil pencariannya melalui Ayat suci atau Hadist Nabi  untuk dibagikannya ke orang2 yg ia cintai lewat internet,, lewat facebooknya, walaupun kadang sering salah ketik karena jempolnya jauh lebih besar daripada keypad HP nya (;p), tapi apapun itu, ibuku adalah favorit kami!! statusnya kami tunggu, bukan untuk gaya-gayaan, tp untuk selalu mengingatkan kami akan makna hidup.. mengingatkan kami untuk selalu berdoa dan berserah diri pada Nya.. dan sekarang aku sedang belajar untuk menjadi ibu yang baik sepertinya,, yang Insya Allah,, pertengahan tahun ini aku akan menjadi seorang ibu yang sesungguhnya,, sama seperti ibuku..


i love u full!!🙂

gambar: koleksi pribadi dan saduran dari http://id.inter-pix.com/db/art/painting/impressionists/m-523087.jpg dan http://www.rorablitz.com/wp-content/uploads/2008/06/luvmom5.jpg

8 thoughts on “wanita itu adalah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s