susah jg ya jadi orang baik n bener,,

beberapa hari yang lalu aku berdoa untuk jadi orang yang lebih baik dan lebih bener. yups tanggal 5 april kemarin doa itu muncul, pas di hari ulangtahunku. tapi.. ternyata doaku itu berat jg ya..

satu hal aja yg aku pengen benahin dari diriku adalah tepat waktu tepat janji dan komitmenku. baru beberapa hari saja aku berdoa untuk menjadi lebih baik dan lebih benar langsung saja luntur ketika ada seorang klien ku yang merasa kecewa dengan pelayananku. intinya adalah aku gampang sekali meng”iya”kan sesuatu padahal sebenernya aku belum yakin dengan “iya” ku itu.. tapi itupun bukan berarti tanpa alesan ya kenapa aku meng’iya’kan (bukan defense jg ini,.) tp ada beberapa tips dari para pengusaha sukses yang katanya kalo ada orderan kita “iya”kan aja dulu.. nanti urusan bagaimana kita bener2 mewujudkan “iya” itu belakangan kita bisa usahakan, tp ternyata tips itu tidak (atau belum) berlaku buat gw, buktinyaaa???? gw kena hard complain dari klienku itu.. hiks hiks,, nyesek jg si..

-jadi inget beberapa hal yg sering aku lakuin….-

sebagai customer utk suatu barang/jasa, sering kali jg aku merasa dikecewakan entah karena aku merasa dirugikan dengan jasa/barang tsb apapun itu, intinya adalah unsatisfied lahh.. aku dengan gampangnya nelp ke call center mereka, OK lah, pertamanya mungkin suaraku lembut  baik tapi lama2 emosiku bisa bisa memuncak dan bener2 muarah besar dg si agent call center itu (uopss,, maaf ya mba/mas..) sebernnya ga maksud siii tp kok ya kadang kalian bikin esmoshii yaa..

-upss!!loncat lagi ke aku sebagai service provider…-

ternyata, sakit banget ya kalo kita itu di complain abis2an sm klien. emang si itu adalah salahku, dan mungkin juga kondisiku saat ini (halah,., itu mah justifikasi ajah hehee) tapi bener deh.. untuk kali ini aku bener2 kalah telak, selama ini aku ga pernah jadi pihak yang ‘mengecewakan’ dan sekarang giliranku.. now its my turn.. walopun sakit, tp ada pelajaran yg aku ambil dari kejadian complain mengcomplain ini. yang intinya adalah ati2 dengan janji, ati2 dengan ucapan dan berkomitmenlah ketika kita sudah berucap sesuatu.

itu kunci aman pertama.. waks.. ada lagi?? yupss pastinyaa

kedua, jalanilah bisnis (kerjaan) yg memang itu adalah minat n keahlian kita.. kl gak, ya siap2 aja di complain kaya aku diatas :p walopun dengan hal baru itu kita bisa belajar sesuatu juga.

ketiga, apabila ada yang complain baik pedes sedeng ato pedes banget, jangan terpancing emosi, anggap aja itu adalah guru yang lagi menampar kita ketika kita memang salah. ketika kita sebenarnya bisa menyelesaikan tugas kita tp kitanya males ato berdalih.. anggep aja itu pelajaran hidup dan yang pasti adalah kalopun kita sebagai pihak pengguna jasa/produk, tentu saja kita juga ga mau diperlakukan begitu kan?? jadii bener banget emang komitmen terhadap kepuasan pelanggan itu PENTING SEKALIIII

keempat.. aku mengartikan pelanggan bukan hanya dalam konteks bisnis aja ya.. pelanggan adalah siapapun yang berhubungan dengan kita, yang merasakan jasa kita, merasakan keberadaan kita.. siapa mereka??  suami, orang tua, mertua, kakak, adik, anak, teman, bos, bawahan.. siapapun yg terkena dampak dari keberadaan kita itu adalah pelanggan..🙂

hufff.. bagi para pelangganku (pelanggan menurut definsiku) maaf ya kalo kemarin2  mungkin aku belum jadi baik dan benar.. doakan saja, semoga doa tambah umurku kali ini bisa aku jalani dengan konsisten dan ikhlas.. amin..

2 thoughts on “susah jg ya jadi orang baik n bener,,

Leave a Reply

