sebuah hormat untuk Pak Soedirman

ask not what your country can do for you

ask what you can do for your country


pidato presiden Amerika John F Kennedy yang disebut sebagai a fresh wind from the high slopes of an older America ini benar-benar fenomenal. sebuah spirit nasionalisme dan patriotisme tinggi ini tentu saja menjadi semangat bagi warga Amerika waktu itu. Sampai saat inipun quote ini bisa menggetarkan hati rakyat manapun di seluruh dunia.

Tengok saja, ketika penjajahan terjadi, rakyat dengan suka rela menyerahkan diri dan hartanya untuk membela negaranya, persis seperti yang dilakukan Jendral Soedirman kepada negara ini.   Namun hal itu kadang tidak relevan dengan kejadian akhir-akhir ini, misalnya saja ketika terjadi bencana atau kebijakan pemerintah yang “diduga”  merugikan masyarakat, pastinya pihak pertama yang di mintai bantuan atau mungkin bahkan disalahkan adalah pemerintah atau negara. jika direnungkan, ternyata di negara ini, masih banyak yang bertindak sebagai penduduk saja, bukan sebagai rakyat, bukan sebagai Pak Dirman-Pak Dirman yang baru, yang bisa dengan ikhlasnya memberikan ‘dirinya’ kepada negaranya.

Tiga bulan terakhir ini, jujur, aku merasa tidak enak sekali dengan Jendral besar kita itu, tiap pagi ketika aku turun dari kereta di stasiun Dukuh Atas, langsung terlihat sambutan HORMAT dari Pak Soedirman. ya.. jujur  aku merasa malu, malu dengan apa yang telah  aku berikan kepada negeri ini. apakah pantas aku diberi penghormatan semacam ini dari seorang Jendral Besar? walaupun itu hanya replika saja.

Sejenak, saya jadi inget film Nagabonar jadi 2 dimana ada adegan yang bikin saya  miris yaitu ketika Nagabonar dengan segenap emosinya memprotes patung Pak Soedirman di jalan protokol dengan sikap hormat. kepada siapa Pak Dirman hormat? apakah kami ini (pejalan kaki, pengemudi mobil, pengguna jalan) patut untuk diberi hormat Pak?saat ini aku yakin kebanyakan orang hanya menjadi penduduk saja di negeri yang subur ini alias numpang hidup saja, bukan sebagai rakyat yang bisa memberikan sesuatu kepada negaranya.Sepertinya kami butuh arahan dan bimbingan darimu Pak..dan seharusnya kamilah yang harus memberikan hormat itu kepadamu Pak Jendaral..


sumber foto: http://nuhaman.wordpress.com/2008/11/09

4 thoughts on “sebuah hormat untuk Pak Soedirman

  1. Rin, gue malah pengen hengkang aja dari Indonesia ini. Muak. Even terlihat seperti lari dari masalah. The problem is, what can I do for build our country for the better? Nothing. Bahkan seringkali jadi korban para oknum. Udah mencoba jadi warga yang baik, dengan bayar pajak tepat waktu, bikin ktp tepat waktu, dll sbgainya. Tapi tetep dikadalin juga eung. Terlalu banyak pungli disana-sini. Najong dah. Dimana-mana gak tertib. semrawut.

    Gue rindu suasana dimana kita semua ikut jalur yang benar. Tertib. Disiplin. Dan dimana gue bisa dapet itu? Untuk sekarang, enggak disini. Pastinya di negara yang lebih beradab daripada NKRI tercinta ini.

    Gue takut cepet tua dan mati muda kalo stres terus-terus kayak dimari, bok.

  2. haha,, kl mikirnya gitu si bener juga sar,, tp jangan give up, gw si sebenrnya jg ud males banget ngliat kondisi negara tercinta kita ini,, apalagi banyak kasus di atas sono yg ga tau malu bangett orangn2ya,, tp gatau knapa,, kok feeling gw suatu hari nih negara bakalan berubah yaa,, entah itu tahun2012, 2016 ato 2020,, yg pasti feeling gw kok doa2 rakyat yg tertindas di indonesia itu pasti didenger sama TUhan YME,, jadi sabar aja jeng,, habislah gelap pasti terbit terang,,🙂
    lagian kalo lo pindah dari NKRI malah kaga enak,, jadi 2nd citizen,, tetep aja enakan di rumah sendiri…:)

    cheerrsssss

  3. Pengen banget nurunin tangan pak soedirman…:'(
    Beliau menghormati orang2 yang melewatinya,sedangkan kita/orang2 itu blm tentu mau melihat dia

Leave a Reply

