Aside
0

Kartini

Mungkin bagi kami, ibu muda yang memiliki anak di usia TK, akan sangat familiar dengan perayaan hari Kartini, yaitu bagaimana rempongnya menyiapkan lomba Kartinian, biasanya diisi dengan fashion show baju adat atau baju profesi atau suka-suka gurunya saja mau pakai tema apa.

Apa benar hal itu yang diimpikan Kartini muda pada saat itu? hiruk pikuk kerempongan ini yang ujungnya hanya sebuah piala bagi pemenangnya?

Mungkin jika kita sedikit meliarkan imajinasi kita dan berempati menjadi sosok Kartini muda, sudah pasti beliau akan sedih. “bukan… bukan begitu maksudku!” begitu kira-kira status facebooknya seandainya beliau sudah mengenal sosmed.

Mari kita flashback ke jaman satu abad yang lalu, belum ada jaringan internet apalagi layanan Over The Top (OTT) yang memungkinkan kita komunikasireal time dengan kerabat di seluruh dunia, tapi jaman itu beliau telah berkorespondensi dengan Mrs. Abandonen di Belanda nun jauh disana, dan hebatnya, pemikiran beliau ini begitu modern untuk jamannya. Adalah emansipasi, kesetaraan pendidikan kaum wanita dan kodrat wanita.

Jika kita analogikan ke jaman sekarang, mungkin sosok Kartini adalah seorang wanita dengan pergaulan sangat luas tak terbatas, bahkan mungkin dengan makhluk Mars sekalipun dan membagikan nilai-nilai positif yang bisa membangun bangsanya.

Emansipasi dan kesetaraan pendidikan bagi kaum hawa tanpa melupakan kodrat wanita adalah oleh-oleh Kartini, yang tanpa ia bayangkan, efeknya dapat kita rasakan hingga saat ini, tentu saja kita tidak sopan jika hanya sibuk dengan seremonialnya saja, namun sudah saatnya wanita bisa berdiri berkarya untuk negrinya tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita, baik sebagai anak, istri maupun ibu.

Selamat Ulang Tahun, Ibu Kartini!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s