Ibu bekerja tanpa pembantu #2 – membawa anak ke kantor-

tadinya saya gak pernah nyangka kalo ternyata saya pandai memasak! yap! PANDAI. 

akhir2 ini emg pekerjaan rumah tangga kami lakukan sendiri, dan saya sebagai ibu/istri memiliki tgg jawab lebih dalam hal logistik rumah kami, dan weekend adalah saat yg tepat untuk mengeksplore kemampuanku memasak. Sabtu ini saya memasak sayur lodeh, sambal pete (dikit) goreng ayam dan tempe dan lengkap dg bunga kecombrang rebus (ini sih pasti cm saya aja yg makan) dan hasilnya nilai 85 dr masandi. Hari minggunya saya bikin soto ayam dan hasilnyaa??? nilai 100! suamiku nambah, anakku telap telep makannya! ya Allah itu pricelesss!!! tentu saja hal ihwal resep saya tanya ke ibuku dan kakakku (mb niken) yg emg ibu kedua bagiku…. 

selain memasak, ternyata sy mahir juga mencuci baju (yaiyyalaah cm modal rinso n mencet doanngg) dan ternyata temennya mencuci a.k.a menyetrika bukanlah kegiatan yg membosankan, walopunnn masyaallah…. satu kegiatan ini emg saya angkat tangan deh… beberapa temen menyarankan utk dimasukkan ke londry kiloan aja, awalnya iya sih, tp lama2 ga puas dg pewanginya yg bukan selera saya, hasilnya yg ga se licin yg saya bayangkan, jadilah sy bener2 kerjakan semuanya SENDIRI. 

pararegel pisan emg rasanya badan ini, tp itu sy anggep sbg olah raga aja dan malah jd olah jiwa dg ditambah dengerin playlist fav, malem2 stlh semuanya terlelap, somehow kegiatan menyetrika ini jd kegiatan me-time yg cukup menyenangkan dan menenangkan…. (sesederhana itu ternyata!)

dan itulah ritme yg masih kami pilih saat ini… kemarin sempet minta tlg tetangga utk mencarikan tenaga kerja yg mau kerja harian (pulang pergi) dan sampe skg blm ada kabarnya.. takapa, toh saya menikmatinya….  tp permasalahan utamanya adalah pengasuhan anak. 

ternyata masRezel ga tahan lama di daycare WBS spt postingan sebelumnya, dia akan sangat alergi ketika mendengar kata “daycare” atau “sekolah”. akhirnya minggu kemarin, full seminggu saya membawanya ke kantor. untungnya boss saya mengijinkan, dan sayapun membuat perturan tegas ke masrezel, bahwa kalau ikut mami ke kantor tidak boleh rewel, nangis dan berisik. dan aturan itu bener2 ia ikuti. 

setiap kali sampai di lantai Penthouse (kantorku), ia akan berbisik ketika mengutarakan sesuatu… dan duduk manis di depanku… (tp itu hanya berlaku 1 jam pertama) selebihnya, dia berkelana ke meja2 temen yang lain, ngobrol dan jadi mainan anak2 kantor… hehehe….

Image

 

sebenernya kasihan juga sih karna pasti cape, tp stiap pagi daia akan langsung membrondong aku dg pertanyaan “mami kemana hari ini? trus mas ikut kan? dll dll” 

Sebenernya membawa anak ke kantor tdk berpengaruh dg produktifitasku bekerja, malah lebih semangat,, sayang ya,, di negeri ini membawa anak ke kantor bukanlah suatu hal yg normal..

saya malah jadi berandai2 bahwa sebenernya ga smua karyawan harus bekerja di kantor, bagi pekerjaan macem saya, sy rasa cukup di kantor  2x seminggu dan selebihnya kita bisa working from home, yg penting kualitas bukan instead of kuantitas?? mungkin 5-10 thn yad bakal ada peraturan begini yaah buat para working mom… (marikita amiinin bareng2). 

Walopun dia happy saya ajak ke kantor, tp saya tahu, baik rezel

Image

 maupun emaknya ini capeknya dobel2,, dari mengurus rumah seadanya, memikirkan masalah makanan keluarga, nyetir dr rmh-kantor, dan bekerja di kantor dg membawa anak…fyuuh,,, deep inside my heart sy ga yakin ini ritme terbaik kami, dan pada akhrinya pun, saya nyerah…….. minggu ini masrezel ke

mbali ke pesantren eyang…. hehehe… bersyukur saya memiliki mertua yg available kapanpun

 kalo sy butuh mereka utk menitipkan anak kami…. alhamdulillah… wlpun kalo lg kangen banget, sy nekad nyetir dr pulang kantor ke cilegon dan besokannya jam 5 pagi ud jalan lagi dr saana menuju ke kantor..  dan lagi2 saya mendapati me-time saya yg sangat berkualitas adalah justru saat sy menyetir sendirian antara Jakarta-CIlegon di sore hari dan Cilegon-Jakarta di pagi2 buta… entah sy yg sedang mellow atau tidak, tp banyak hal2 positif, happy feeling, great feeling menyelimuti saya, saat sy melihat awan luas membentang ketika sy melewati tol tangerang-merak…. banyak nilai2 diri sy yg muncul lagi setelah sekian lama mati suri… entah percikan semangat dan syukur yg tak terkira muncul semua.. walopun kl di dunia nyata, beberapa bulan ini banyak hal yg terjadi dari masalah keluarga besar, maupun masalah pekerjaan… tp somehow, hal2 negatif yg terjadi bisa saya tanggapi dan resapi sbg sbuah pembelajaran yg positif…. (nglantuurrdehhh)

eniwe,,,, minggu ini bakal jd minggu terakhir sy berkantor di arkadia lantai penthouse.. secara lokasi, jujur ini adalah kantor ternyaman dan ter enak yg pernah sy tinggali, kami berada di lantai palign atas dg bonus balkon yg bisa melihat langit, dan citi view… dan ini bakal sy tinggallin… this will be my last week… sedih.. hiks…. dan kantor kami akan pindah ke daerah permata hijau, at least hingga desember tahun ini… lho kok??

yup.. Januari 2014 sy officially free…. sy blm memutuskan utk bergabung di company manapun… utk saat ini, saya ingin mengasuh anakku dg tanganku sendiri, mencuci baju suamiku dg tanganku sendiri (dan mesin tentunya), memasak sarapan dan makan malam untuknya dg hasil karyaku sendiri……… dan itu entah apa sy sebutnya, tp hati ini bener2 FULL! entah mungkin tahun depan ada keinginan utk kembali ke kantor lg bisa juga… beberapa temen dan mantan boss menghubungi sy utk join bareng lg… nah, kl udh gini sih tinggal gmn aku milih hidupku ke depan mau ngapain.. Alhamdulillah, aku diberi kebebasan dan kesempatan yg luas utk mengekslpore diriku sendiri…. entah menjadi full tme mom… atau mompreuners… atau run  my own company…. the decision is in my hand….. Bismillah!

yeayyyy!!

 

Image

 

10 thoughts on “Ibu bekerja tanpa pembantu #2 – membawa anak ke kantor-

  1. Mba, salut banget sama keputusan nya buat resign. saya sampe skrg masih belum bisa…. so far masih ngerjain kerjaan rmh sendiri, plus anak masih di daycare (dan sempet bertualang nyoba dr daycare 1 ke daycare lain)

    • hihi iya nih mba,,, aku nyerah (ehh tp menang jg) utk mutusin resign ini.. tp akupun gak pernah menyesali kmrn2 saat masih berjibaku dg 2 dunia ini, mnrtku itu seru! dan mnrtku peran kita sbg perempuan bener2 diuji bgt ya mba,,, smangattthhh

  2. Iya, semangat… semangat…!! I always see the strong entrepreneurship soul in you, so… tak doain semoga bisnis restorannya bener2 terwujud, atau bisnis apapunlah yang lain yang menyukseskan dan Rezel juga hepi.

    Btw, katanya sih di Google udah kayak gitu, untuk parents (bapaknya juga, gak cuma ibu) dapet kelonggaran khusus untuk ngurus anak, boleh ngerjain kerjaan di rumah, ataupun bawa anaknya ke kantor… Semoga perusahaan2 di Indonesia ke depannya jga bisa kayak gitu yaa…

    • rinaa… how r u… getaran commentmu bener2 berasssaa bgttt!!! doakan yaaa… insha Allah,, insha ana…. smua bs berjalan dg lancar dan evrybdy happy…..
      km dmn skg?? kok bonekarusiamu jarang ada postingan siih… kangen tauu baca postinganmuu,,, apa ada blog baru?? let me know ya riin….

  3. halooo… seru bgt bca thread ttg dunia per daycare an… hhahha. btw anak sy jg pernah di WBS dri bln Juli-Sept 2013. Nama anak sy Khansa. Dg berat hati sy masukin anak sy Khansa yg saat itu msh 2,5 bln ke day care. Mw gimana lg posisi sy sbgi working mom… sy sering nangis klw abis nganter anak sy ke daycare.. sedih rsanya.. yg mewek emaknya. Akhirnya akhir sept sy mmutuskan utk resign dan mengurus rmh tangga.. entah mgkin thn dpn mw kerja lgi atw gga. tpi pengen nya c bs kerja dri rmh atw dpt kelonggaran khusus ky di Google.

    • hallooo mba Fitrii,, salam kenall…. iyaa,,, itu persiiss sama yg tjd sm aku,,, tdnya awal2 aku jg mewekk ketika di lift turun dr lt.3,, lama2 atiku keballl,,, dg tega bgt nitipin anakku di sana,, hihihi,, dan itu malah yg scare me.. aku takut atiku ilang beneran mba… makanya tosss dulu kita… hehehe,, resign dl aja,,, dan ternyata lbh sibuk di rumah yakk drpd di kantor… hihihi

      • bner bgtt mba. Tnyta lbh sibuk klw di rmh, itupun dah dibantu sm tukang cuci-setrika… mna anak sy msh 8m jdinya dtinggal pergi ke toilet atw dapur pke nangis.whheheheh

  4. hello mba fitrii.. duh maap br replyy…
    ini anakku umur 3,5 th tp berubung skg emaknya di rumah jd posesif bgtttttt hadeehh….
    jd gmn mba? skg d rmh sibuk apaan?

  5. lagi seneng browsing ttg working mom yang asuh anak sendiri atau dengan bantuan pengasuh. selalu kagum dan pengen banget handle masak dan rawat anak sendiri. sekarang aq msh working mom dan ada pengasuh, tapi seringnya jadi makan ati. kayak punya saingan dan gak feel free di rumah sendiri. anakku sekarang 15 bulan. pengen banget deh segera terlepas dari pengasuh yang nginep di rumah

    • been there buun…. sepertinya itu bakal jadi siklus yang ga ada abisnya.. faktanya, sekarang aku balik lg jd working mom dan menggunakan jasa pengasuh. sabar ya bun… smuanya ada waktunya 🙂

Leave a comment